Tips-tips Rumah Bebas Debu

mengusir-debu

Mengusir debu

Siapapun tentunya ingin rumahnya bebas dari debu. Semua orang tentu merasa tak nyaman jika banyak debu yang bertebaran di rumah. Simaklah kiat-kiat berikut untuk hidup nyaman tanpa debu.Tinggalkan pemakaian kasur dan bantal yang terbuat dari kapuk. Debu akan lebih mudah menempel pada kasur dan bantal kapuk.

Ganti peralatan penunjang tidur kita minimal seminggu sekali. Jika memungkinkan, bahkan lebih baik mengganti seprai dan sarung bantal setiap dua kali seminggu.

Tinggalkan meletakkan barang di atas lemari atau lokasi yang sulit dijangkau. Barang-barang tak terpakai seringkali diletakkan di lokasi tersebut.

Jauhi menyimpan banyak mainan berbulu. Terutama bagi kita yang memiliki anak kecil di rumah, meskipun anak-anak menyukai boneka berbulu sebaiknya dibatasi. Bersihkan setiap hari dan cuci secara berkala.

Bersihkan rumah secara seksama. Jangan lewatkan bagian sudut-sudut dinding dan plafon, juga tempat-tempat yang tidak terjangkau seperti lubang ventilasi dan bagian bawah atau atas perabotan.

Batasi hiasan-hiasan di rumah seperti lukisan, pigura foto dan lain sebagainya. Tempat-tempat tersebut seringkali luput dari perhatian sehingga hampir tidak pernah dibersihkan.

Setiap selesai membersihkan rumah dengan sapu, biasakan dilanjutkan dengan mengepel. Jika ingin lebih efektif, gunakan penyedot debu. Selain lebih praktis, sedot debu juga tidak membuat debu beterbangan.

Ketika akan membersihkan perabotan di rumah, gunakan lap basah. Tambahkan dari cairan pembersih agar efektif dan hasilnya lebih maksimal. Debu akan menempel di lap basah tersebut.

Bersihkan karpet setiap hari, karena debu sering berkumpul baik di atas maupun di bawah karpet. Agar lebih efektif, gunakan penyedot debu. Jika karpet sedang tidak digunakan, gulung dan bungkus dengan menggunakan plastik rapat-rapat, untuk menghindari debu menempel.

Sebelum menyalakan kipas angin, pastikan ruangan telah bersih dan tidak banyak debu. Kipas angin malah akan membuat debu beterbangan ke tempat lain, bahkan ke udara yang dapat berakibat terhirup oleh orang yang ada di dalam ruangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: