Dampak Buruk Pembangunan Apartemen, Adakah?

a

Jalan yang semakin macet membuat hunian kian menjamur. Tidak hanya di Ibu Kota saja, hunian yang menjamur pun mulai bergerak ke kawasan semisal Tanggerang, Depok, dan Bekasi. Disadur dari http://www.rumah.com, Kepala Dinas Tata Kota Bekasi, A Koswara mengatakan bahwa ada dampak buruk dari apartemen.Menurutnya tidak hanya apartemen saja, pembuatan properti lain pun memberi dampak buruk tersendiri. Menurutnya masalah yang dihadapi penghuni merupakan masalah utama. Karenanya persyaratan dalam pembangunan apartemen memang benar-benar harus diperhatikan.

“Tangga darurat menjadi vital. Banyak gedung yang membuat tangga darurat yang menuju lobi. Padahal saat terjadi kebakaran, kawasan lobi tak lagi aman. Untuk itu perlu membuat tangga darurat yang menuju area luar. Tangga darurat juga harus kedap udara, sehingga asap tak masuk. Bisa juga membuat ventilasi ke arah luar, tetapi harus diberi teralis baja,” paparnya panjang lebar.

Di sisi sosial, imbuhnya, pembangunan apartemen memerlukan banyak akomodasi. Pasalnya, kehidupan di apartemen sangat terbatas. “Untuk itu, apartemen di Bekasi harus memiliki ruang terbuka hijau (RTH) minimal 30%,” katanya.

Ada kalanya, tutur Koswara, warga sekitar proyek apartemen juga melakukan aksi penolakan. Alasannya beragam, mulai kekhawatiran banjir hingga berkurangnya persediaan air tanah.

“Akan tetapi jika memang kawasan tersebut bisa dibangun apartemen, kami akan izinkan,” katanya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: