Membangun Rumah Idaman Ala “Rumah Cetak”

rumah cetak

Sekitar tahun 1996, ilmu konstruksi mulai berkenalan dengan metode baru bernama “Rumah cetak”. Simpelnya, rumah cetak merupakan rumah yang dicetak langsung ditempat. Dinding rumah yang berdiri pun praktis tidak menggunakan bata ataupun yang sejenisnya. Tapi justru menggunakan beton praktis dengan menggunkan ketebalan 9cm.

Pada prinsipnya, rumah cetak ini bisa berdiri dengan menggunakan begisting besi dan juga tulangan.

Kemudian dicor dengan campuran semen dan pasir dengan perbandingan tertentu. Pengganti batu bata sendiri adalah besi siku dengan ketebalan yang sudah ditentukan perhitungannya.

Alat bantu cetak sendiri pada akhirnya memang memiliki nilai jual yang besar. Harganya sendiri memiliki nilai sebesar 180 juta.

Tapi untungnya alat cetak tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan 100 lebih rumah. Sebenarnya alat bantu cetak sendiri bisa digantikan degan papan kayu, akan tetapi bila dihitung lebih lanjut maka dengan bantuan papan kayu akan menjadi lebih mahal.

Proses pencetakan rumah sendiri memakan waktu 4-6 hari. Pencetakan sendiri dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah pengecoran 0 sampai sekitar 1,5 – 2 m. Kemudian untuk tahap kedua pengecoran di atas 2m sampai batas kuda-kuda. Selanjutnya ada tahap ketiga yakni pengecoran kuda-kudanya. Setelah selesai dicor, maka rumah siap diaci dan difinishing lebih lanjut.

Rumah seperti ini sangat cocok untuk pembuatan rumah yang memiliki desain yang sama sehingga memiliki efisisensi waktu dalam kecepatan pekerjaan. Oleh karena itu, rumah bersubsidi sangat cocok menggunakan model ini. Karena pada umumnya pembuatan rumah bersubsidi cenderung dibangun dalam jumlah yang cukup banyak dengan model yang seragam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: