Merasa NEWBIE dalam BISNIS PROPERTI? Ini Cerita Mereka

newbie

newbie?

Cerita ini patut disimak..Seorang teman lama suatu hari berbagi cerita. Obrolan menghangat ketika menyinggung tema KOMUNITAS PROFESI. Dengan bergairah dia mulai bercerita. Saya antusias menyimak walau berusaha tetap terlihat santai. Meski berbeda profesi, saya diam-diam berharap memperoleh pencerahan dari cerita suksesnya.

“Ketika pertama kali terjun dalam profesi sekarang ini saya benar-benar nggak pede”. Katanya memulai. “Saya ikut sebuah komunitas melalui milis, tapi hanya sebagai silent reader”.”Saya pikir, orang-orang di komunitas ini pastilah sudah punya jam terbang yang sangat tinggi. Sekadar komen pun saya ndak berani. Saya merasa pasti pengetahuan dan keterampilan saya jauh di bawah mereka”.

“Sampai suatu saat, sebab sebuah pelatihan, saya bertemu langsung dengan mereka. Kesan saya pertama kali, mereka tidak “seseram” yg saya bayangkan ketika mengamati di milis”.

“Sambutan mereka justru hangat sejak mula. Seolah kami sudah kenal akrab sebelumnya”.

“Saya cari nama-nama yg selama ini cuma saya kenal lewat udara. Saya senyum-senyum sendiri. Lunas rasanya penasaran saya”.

“Saya sempatkan bertegur sapa. Ini bahkan seperti reuni sahabat lama. Padahal belum samasekali kami jumpa”.

“Percaya diri saya naik seratus persen”.

Tiba waktu pelatihan, minder kembali menghantui. Di satu sisi saya menunggu momen ini untuk mengukur pengetahuan, profesionalitas dan pencapaian.

Di sisi lain juga takut posisi sbg pemula akan mempermalukan saya di tengah mereka.

“Percaya diri saya turun lima puluh persen”.

“Sepanjang acara, saya berusaha “ngintip”. Bukan untuk nyontek, tapi membandingkan pengetahuan, kualitas, profesionalitas, dan pencapaian saya dengan mereka. Kesimpulannya?”

“Percaya diri saya naik seribu persen !”

“Rapor saya ternyata nggak jelek-jelek amat. Relatif bagus malah. Selama ini saya cuma menduga-duga. Saya tidak punya pembanding”.

“Memang dalam banyak hal saya masih ketinggalan. Selama ini saya sendiri. Membatasi diri. Saya membangun pagar mental yg menghalangi banyak manfaat positif singgah dalam hidup saya”.

“Padahal kunci kemajuan yg saya butuhkan hanya bisa saya peroleh dg bergandeng tangan bersama orang lain. Entah itu jaringan, pengetahuan, pengalaman, atau banyak hal lain”.

“Sebuah langkah kecil hari itu jadi momentum besar dalam bisnis dan karir saya sebagai profesional. Itulah kenapa saya semangat bicara soal komunitas.”

“Cuma soal sudut pandang kok. Ada seribu alasan untuk mengabaikan kesempatan. Itu sah saja. Hak kita. Tapi itu berarti kita sedang membangun pagar mental sebagaimana saya sebut tadi.”

“Jika sudah besar dan tidak merasa perlu ndak masalah. Tapi jika memulai sebagai pemula seperti saya, percayalah itu akan menghalangi kemajuan kita.”

Obrolan yang terlanjur seriyes kami tutup dg yang ringan-ringan. Dia takut jadi menggurui. Saya pun nggak mau tampak terpesona dg ocehannya. Kami sama jaim.

Meski ngantuk, dalam hati kecil, walau tidak saya ungkapkan secara langsung karena gengsi, saya sangat berterima kasih.

Saya memperoleh apa yg saya cari. Saya tipe orang yg butuh “alasan” untuk apapun. Eureka ! Hari itu saya menemukannya. Saya menemukan alasan untuk membuka diri.

Saya menemukan alasan yg membuat saya yakin utk melaksanakan sebuah rencana kecil di akhir tahun. Rencana kecil yg saya yakin akan menjadi momentum besar.

Saya akan tetap menjadi manusia seribu alasan. Tapi kali ini bukan untuk mengabaikan kesempatan. Justru sebaliknya, untuk memanfaatkan semua kesempatan.

Saya pulang dengan semangat baru. Tekad baru. Senyum baru. Jangan sampai dia tahu.. 🙂

**********

Tim BEKASI REALTY untuk INDONESIA PROPERTY SUMMIT 2015

http://www.IndoPropertySummit.com

Tim BEKASI REALTY untuk INDONESIA PROPERTY SUMMIT 2015

http://www.IndoPropertySummit.com

Leave a Reply

